Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Laku Setiap Hari

Di tengah kesulitan ekonomi banyak orang yang mencari penghasilan tambahan keluarga baik bekerja paruh waktu, usaha sampingan dan usaha kecil kecilan dirumah. Membuat atau memasarkan makanan ringan adalah salah satu alternatif dari banyaknya peluang usaha yang bisa dilakukan. Makanan ringan, camilan atau snack adalah jenis makanan yang tidak termasuk dalam makanan pokok pada waktu makan. Jenis kuliner ini  memiliki aneka jenis dan disukai hampir semua kalangan usaha sehingga mudah dipasarkan. Snack ringan ini juga termasuk dalam kategori consumer goods, atau produk-produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah. Maka tak salah pilih jika anda ingin konsentrasi dalam menjalani usaha makanan ringan.

Makanan ringan terdiri dari dua jenis,yakni makanan ringan basah dan kering, namun makanan ringan yang kering lebih diminati masyarakat karena tidak cepat membuat kenyang. Umum snack ringan yang kering dijual dalam bentuk kiloan seperti keripik, kerupuk, kacang polong dan makaroni. Pemasarannya masih tergolong sederhana karena bersifat grosir bagi para pengusaha repacking makanan ringan. Sekalipun sederhana namun peminatnya banyak sehingga tidak masalah dalam pemasaran. Jika ingin lebih masif memasarkannya mungkin anda bisa mencoba usaha makanan ringan serba 2000 dengan mengemasnya dalam bentuk kemasan yang unik.

Usaha makanan ringan kriuk unik rumahan dengan modal kecil

Peluang usaha makanan ringan kemasan dengan harga Rp 1000- 2000 adalah kesempatan baik mengingat berbagai jenis makanan ringan lokal belum banyak di-remake dengan rasa dan kemasan menarik. Banyak pilihan jenis makanan yang bisa anda perbaiki kualitas rasanya dengan menambah bumbu, misal pedas, balado, keju dan manis. Umumnya makanan ringan tersebut belum ada merk/brand sehingga anda bisa membuat brand sendiri agar lebih mudah dalam pemasaran kedepannya. Jadi sebenarnya dengan menjalankan usaha ini membuat Anda maju dan berkembang sebab penghasilan yang bisa didapat lumayan besar dengan modal kecil dan konsep yang sederhana.

Bagi kalian yang berminat memulai bisnis makanan ringan jangan terburu buru sekalipun sudah tahu keuntungannya. Sebaiknya Kalian membuat perencanaan modal usaha, persiapan dan strategi pemasaran yang matang dengan berbagai riset dan analisa usaha agar menghasilkan produk makanan ringan yang inovatif dan tentunya bisa bersaing dengan produk produk sejenis dipasar.

Tips Sukses Usaha Makanan ringan

Makanan ringan yang memiliki rasa enak adalah kunci utama bagi para perintis bisnis makanan ringan, tetapi tips tips lain juga perhatikan agar usaha kalian bisa berkelanjutan, seperti tips dibawah ini :

Merinci Modal dan Estimasi Keuntungan Minimal

Apapun usahanya, pasti ingin untung, maka itu perlu efisien dalam produksi, tetapi tetap menghasilkan keuntungan tinggi. Disini mungkin akan memberi gambaran modal dan keuntungan secara umum tentang usaha makanan ringan serba 2000. Saya ambil contoh tipe usaha dengan mengemas kembali atau repacking, bukan sekadar memasarkan saja.

Begini, sebagai contoh perhitungan harga keripik singkong perkilo Rp 12.000, Dikemas dalam ukuran kemasan 25 gram, artinya menghasiklkan 40 buah kemasan dengan dibumbu pedas harga 4000 per 100 gram anda cukup butuh 4 bungkus. Kemudian anda jual kembali dengan harga 2000 per bungkus.Dari sini keuntungan kasar bisa dihitung,

 modal
1 kg keripik singkong=Rp 12.000,
Bumbu pedas = Rp 4.000 x 4 =12.000,
Plastik kemasan setengah kilo Rp 3000.
Jadi total pengeluaran sebesar Rp 27.000.

Pendapatan
40 Kemasan x Rp 2000 = Rp 80.000

Keuntungan
Pendapatan -Pengeluaran= Rp 80.000-Rp 27.000= Rp 53.000

Walau ibarat diharga Rp 100o kita masih untung. Tetapi untuk pertama, tidak memerlukan keuntungan besar. Utamanya adalah membangun pasar atau pelanggan.

Mencari Produsen atau distributor Makanan ringan Terbaik


Cukup banyak distributor makanan ringan grosir kiloan yang bisa anda jadikan penyedia stok usaha kalian. Tetapi anda juga perlu memilirkan beberapa hal, seprti harga, layanan, kualitas produk dan ketersediaan yang kontinyu. Sebisa mungkin harga murah, sebagaimana dengan prinsip usaha, mengeluarkan modal sekecil kecilnya untuk menghasilkan keuntungan sebanyak banyaknya.

Layanan, layanan yang bagaimana? Bisa dipercaya, bisa memberikan harga pelanggan dan tentu bisa bon barang dulu, bayar setelah pemasaran selesai. Mengenai kualitas, tentu produk harus diutamakan yang berkualitas.

Menciptakan kualitas Rasa Khas


Pada dasarnya usaha ini adalah mengemas dan menambah bumbu dari makanan ringan yang sudah ada. Jadi segalanya sudah ada. Tapi perlu diingat, yang ada belum tentu istimewa dan unik. Maka perlu penciptaan rasa enak dan lebih khas, mungkin bisa ditambah rasa sari bubuk buah kering sehingga tidak hanya pedes manis dan asin atau dengan pengkolaborasian, rasa yang sudah ada, misal pedes manis, pedas asin, pedas balado dll. So make be uniqe identity product.

Strategi Pemasaran


Umumnya usaha beginian tidak memiliki tempat usaha khusus, jadi masuk dalam kategori usaha makanan ringan rumahan. Well, itu bukan masalah besar, jika kita mengetahui strategi pemasaran agar makanan ringan cepat terjual. Ada beberapa strategi yang umumnya digunakan pelaku bisnis seperti ini yakni :
  • Pemasaran online, Facebook, web, BBM, Line dll
  • Konsinyasi, atau menitipkan produk ke warung warung kelontong atau distributor snack.
  • Door to door, menjual langsung kepada orang yang dituju
Sebenarnya dari strategi pemasaran yang biasa dilakukan ada yang belum anda coba, yakni memasok ke toko ritel modern seperti alfamart dan indomart. Dengan memasok ke toko ritel tersebut, produk makanan ringan bisa sampai keseluruh nusantrasa, sebab cabang toko ritel yang selalu berdampingan tersebut tersebar diseluruh Indonesia. Silakan baca bagaimana cara menjadi pemasok indomart

Bagaimana kawan? Cukup menguntungkan dicoba kan?  Ya, Tidak salahnya mencoba, apalagi usia masih muda, masih haus pengalaman bisnis yang mungkin bisa berguna di masa depan. Saya rasa peluang bisnis makanan ringan serba 200 ini juga menjanjikan dimasa depan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Laku Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel